Sabtu, 26 Februari 2011

GANTI GADGET/SKIN UNTUK PENIKMAT CFW SAMSUNG OMNIA HOMESCREEN


Untuk s60 v5 (selain N97/mini & c6) yang udah include HS Samsung Omnia, kita bisa merubah gadget/skin Hsnya dengan berbagai macam gadget. Namanya HSnya SAMSUNG OMNIA, tapi seiring berjalannya waktu, ada beberap versi gadget menarik yang bisa menggantikan SAMSUNG OMNIA itu sendiri. Postingan ini bisa diterapkan di setiap CFW Included Omnia HS terkhusus untuk pengguna 5530 yang memakai CFW dari saya. Ada banyak sekali trik untuk merubah gadget mulai dari metode patch c2z atau dengan menambahkan widgetidle.dll ke rofs:/sys/bin/ dimana dengan penambahan widgetidle tersebut kita bisa merubah gadget favorit tanpa metode pertama yakni c2z. Tapi setelah saya teliti, ternyata ada beberapa gadget yang “memerlukan” samsung omnia toolbar, dimana untuk file mif_nya hanya bisa diganti dengan patch c2z (kecuali udah include di CFWnya). Dan saya berpikir ulang untuk membuat CFW dengan HS default Omnia HD (plus samsung toolbarnya). Setelah cfw tersebut terpasang masalah pun muncul, tiap kali saya “ganti” dengan gadget yang “tidak memerlukan” samsung toolbar(misal iphone/n97 HS), tampilan toolbar pun jadi numpuk. Satu milik gadget iphone, satunya milik HS Omnia yang tadi saya repack jd default. Berpikir buat ngehapus samsung toolbarnya? Sampai kiamat dua kali juga kaga bakal bisa, soalnya samsung toolbar udah ada di ROM hasil repack CFW tadi. Solusinya?? Melihat HS yang membutuhkan “samsung toolbar” hanya satu, yakni HS Omnia HD, HS ini akhirnya saya eliminasi dari default HS. Dan Default HSnya saya ganti ke N97HS dimana HS ini (termasuk yang) tidak membutuhkan samsung toolbar. So, ente bisa menggantinya dengan HS iphone, Andre, HTC atau ThumbWhell tanpa tampang bego gara2 toolbar yang numpuk. Tapi dengan syarat, mengaktifkan patch c2z terlebih dahulu. So, CFW dari saya akhirnya menempatkan HS non samsung toolbar (N97 HS) sebagai default HS.  Dan bisa jugan kita ganti dengan Omnia HD .. (trus samsung toolbarnya darimana? kan di CFW Bloge Abiel gak ada secara default HSnya sendiri kan tidak memakai samsung toolbar (HS OMnia?) samsung toolbarnya ada tuh dibawah tinggal donlot & copas di C:/ (apply c2z juga).
Betewe soal patch c2z, bisa jadi ini dilema, disatu sisi kita “malas” memakai c2z di sisi yang lain kita membutuhkannya (untuk mempatch samsung toolbarnya Omnia). Artinya gini, memang dengan memasang widgetidle.dll mod di CFW, kita akan dimanjakan dengan bisa merubah gadget tanpa c2z. Tapi pada saat mengganti gadget Omnia, kita butuh toolbar, sedangkan untuk mengaktifkan file toolbar (samsungtoolbar.mif)butuh c2z!!   So, saya menyimpulkan c2z selalu dibutuhkan setiap kali menganti gadget (meskipun yang butuh patch tersebut hanya HS Omnia saja)! Ini bisa beda cerita kalau mungkin kita tidak membutuhkan HS Omnia, atau kita “rela” memakai Omnia tanpa toolbar. Dan bisa berbeda juga kalo udah ada update HS Omnia dengan file swf  yang sudah include toolbar. Kalo memang benar2 updatenya keluar, postingan ini mungkin sudah tidak perlu kalian baca dan permasalahkan lagi. Berhubung belum keluar, so CFW dari saya tetep make HS N97 sebagai default dan lainnya (HS iPhone, Andre, Omnia HD, Tumbwhell dll) sebagai “cadangan”. Bingung?? Ngopi dulu biar gak bingung, hehe maklum saya lebay jadinya this posting is njlimetins. Dibawah ini beberapa gadget “cadangan” untuk CFW yang “tanpa menyertakan Omnia HD sebagai default HS”

3 komentar:

noname mengatakan...

ga usah bikin sampah deh....

Anonim mengatakan...

bingung gan..

Anonim mengatakan...

ada tutorial gambar gg?
pnyaku uda saya bkin c6/n97 mini tp mau balikin orsi susah.....
tau gg gan?
thanks...

Posting Komentar

maaf jika tak sempat di balas ....